Tuesday 1 March 2016

Ini 11 Cara greget Agar Bisa menyelesaikan Hutang dengan Cepat

Kepoisme - Adakah diantara kepoers saat ini sedang Kesal dengan hutang yang menumpuk? Entah itu hutang yang terbilang kecil seperti minjem duit sama temen, sampai hutang kartu kredit yang sudah level riba kelas lintah darat, yang namanya hutang itu Wajib dibayar.

Karena jika hidup dengan hutang akan membuat kita tidak tenang, malu, atau bahkan sampai frustasi karena di kejar kejar oleh debt collector yang gahar. Jika Anda punya hutang, maka Anda mungkin juga memiliki keinginan untuk melunasi hutang tersebut. Maka hal yang harus benar-benar anda lakukan adalah mengambil tindakan yang agresif untuk melunasi semuanya. Karena memang hidup terbebas dari hutang itu rasanya bahagia banget.

Pasti banyak sih diantara kepoers yang memiliki niat baik untuk melunasi hutang-hutang tersebut, akan tetapi selalu saja ada kendala yg tiba-tiba harus dihadapi sehingga hutang-hutang tersebut loss lagi loss lagi.

Nah kali ini kepoisme akan coba bagikan tips agar anda bisa membayar hutang-hutang anda dengan cara yang cukup greget :

#1 NIAT DAN FOKUS




Sampai kapanpun, jika kita tidak memiliki Niat yang tulus dan serius niscaya hutang hutang tersebut tidak akan terselesaikan dengan sendirinya, maka seriuslah, niatkan dalam hati bahwa anda AKAN membayar hutang tersebut. Pusatkan pikiran pikiran positif, pikirkan betapa bahagianya jika anda terbebas dari hutang.
Diriwayatkan daripada Abu Hurairah bahawa Rasulullah bersabda, “Sesiapa yang mengambil harta orang lain (berhutang) dan berniat akan membayarnya, maka Allah akan menunaikan niatnya itu. Tetapi sesiapa mengambilnya dengan niat akan membinasakannya (dengan tidak membayar), maka Allah akan membinasakannya.” (Hadis riwayat al-Bukhari)

#2 JANGAN MENGHINDAR.


hutang2

 

Mengalami masalah dalam berhutang itu wajar dan dapat diselesaikan. Jadi Anda jangan sampai menghindar dari pemberi hutang. Semakin Anda menghindar, masalah akan semakin besar. Hadapi dan ajak bicara baik-baik. Tawarkan solusi dan ajak diskusi. Mereka juga berkepentingan supaya Anda mampu membayar hutang. Jika hutang anda masih dalam level teman atau saudara, jangan sampai hubungan pertemanan atau saudara sampai putus gara gara hutang yang terbilang kecil. Jika hutang anda sudah level bisnis, Anda juga tidak perlu merasa dalam posisi di bawah. Hubungan bisnis itu posisinya setara. Para konglomerat yang punya hutang trilyunan saja (dan nunggak bertahun-tahun!) kalau bernegosiasi dengan pejabat pemerintah tampil super pe-de. Jadi kalau hutang Anda masih puluhan atau ratusan juta ya santai aja.

#4 JANGAN BERHUTANG UNTUK MEMBAYAR HUTANG




Untuk apa kita berhutang? Umumnya hutang digambarkan sebagai "solusi atas masalah keuangan kita". Lihat saja iklan2 produk perbankan, semua menggambarkan hutang sebagai solusi. Hutang memang akan menjadi solusi ketika kita bisa mengelola nya dengan benar. Namun dapat menjadi masalah ketika tidak dikelola dengan baik. Bagi Anda yang ada dalam posisi frustasi merasakan beratnya membayar hutang, lalu ada marketing lintah darat yang menawarkan pinjaman tunai proses cepat 1 jam cair, tanpa pikir panjang kita pasti akan lebih terlena pada tawaran tersebut. Karena survey membuktikan sebagian besar debitur yang bermasalah, akan mencoba mengatasi masalah dengan menambah hutang. Ini sama saja mengatasi masalah dengan masalah. Hasilnya ya masalah yang lebih besar.

#5 BUAT DAFTAR HUTANG, DAN PRIORITAS PEMBAYARAN




Buat semua daftar hutang kita. Daftar hutang harus diurutkan dari yang terbesar ke yang terkecil. Jangan lupa mencantumkan suku bunga yang berlaku untuk tiap tiap hutang. Bayar hutang yang terkecil terlebih dahulu. Lunasi sehingga tidak menjadi beban lanjutan bagi kita. Sementara bayar minimal buat hutang yang lebih besar. Jika hutang kecil dapat diselesaikan lanjutkan ke hutang yang lebih besar. Kita juga dapat menyelesaikan hutang dengan bunga tinggi terlebih dahulu, baru yang berbunga rendah. Para ahli juga merekomendasikan kita untuk membayar minimal dua kali pembayaran minimal sehingga hutang kita akan selesai kurang dari tiga tahun.

#6 BERHENTI MEMBELI BARANG BARANG YANG TIDAK PERLU




Lepaskan atribut gengsi.. daripada makan di luar, bungkus makan siang Anda. Jangan dulu nongkrong di cafe, Setiap uang yang Anda simpan, sisakan untuk hutang Anda. Semakin banyak uang yang anda harus sisakan terhadap hutang Anda, semakin cepat akan lunas. Singkatnya, jadikan hidup anda lebih berarti.

#7 BUANG SEMUA KARTU KREDIT.


meme-kartu-kredit-300x269

 

Jika anda bukan pengusaha multimiliar, Sebisa mungkin hindarilah penggunaan kartu kredit. Sistem hutang berbentuk kartu plastik tersebut sengaja diciptakan untuk anda supaya terlilit hutang! percayalah, bahwa telah banyak orang yang menjadi korban kartu kredit, maka jika anda sedang memiliki kartu kredit, maka buanglah.. karena secara otomatis Anda tidak akan menambahkan lebih banyak uang untuk hutang, dan Anda benar-benar akan menyaksikan saldo Anda menurun. Melihat penurunan keseimbangan dapat membantu Anda tetap termotivasi.

Selanjutnya di halaman 2 --->

[nextpage title="hutang"]

#8 CARI PEKERJAAN SAMPINGAN




Manusia adalah mahluk yang cerdas, dan pasti bisa menemukan cara untuk membawa beberapa uang tambahan, Lalu tempatkan semua uang ekstra tersebut langsung ke hutang Anda. Pastikan pekerjaan tambahan Anda sepadan dengan usaha anda, cobalah cari pekerjaan apa saja yang penting halal dan bisa membantu anda melunasi hutang-hutang anda, coba cari di internet pekerjaan-pekerjaan paruh waktu yang bisa di jalankan secara online, saat ini banyak sekali program dan bisnis online yg bisa anda coba, cari yang benar-benar terbukti.

#9 MINTA BANTUAN KELUARGA.


hutang-meme

Jika Anda berbagi keuangan Anda dengan pasangan (istri/suami) atau orang lain, maka Anda harus memastikan bahwa setiap orang yang terlibat bersedia membuat pengorbanan yang diperlukan agar hutangnya bisa cepat lunas. Jika semua orang bisa ikut berpartisipasi maka hutang akan dibayar lebih cepat dari pada jika satu orang, aturlah agar pasangan anda paham sehingga si Dia akan lebih bisa lebih bijak dalam shopping dan arisan.

#10 JUAL BARANG RONGSOKAN




Kumpulkan beberapa barang yang sudah tidak terpakai daripada dibiarkan menumpuk di gudang atau garasi anda seperti barang barang kenangan mantan pacar dsb. Zaman sekarang sudah banyak situs situs jual beli online, postinglah  dengan kata kata yang cukup unik dan foto yang keren sehingga menarik minat konsumen. Ambil keuntungan dari penjualan Anda dan tempatkan uang tersebut langsung ke hutang Anda. Dengan begitu, hutang anda lunas lebih cepat dan Gudang atau garasi pun bersih dari betrak betruk (berantakan)

#11 BERDOA, MEMINTA KEPADA SANG MAHA KAYA




 

BACA JUGA: KUMPULAN DOA AGAR TERBEBAS DARI UTANG

Nah ini terkadang yang dilupakan, sudah banyak hutang tapi enggan untuk beribadah dan berdoa dengan baik, bagaimana bisa Allah akan menolong hamba-Nya yang malas? Ketahuilah bahwa Alloh lah yang maha kaya dan kita sebagai hambanya jangan sesekali berputus asa hanya karena materi. Percayalah bahwa Rezeki kita sudah diatur, asalkan kita mau menjemput rezeki tersebut. Untuk itu kepoers, seyogyanya diupayakan dengan sungguh-sungguh untuk melunasi hutang itu. Sedikit, apalagi banyak hutang itu akan sangat menentukan perjalanan di akhirat kelak.
Seperti sabda Rasulullah SAW: Dari Ibnu ‘Umar, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang mati dalam keadaan masih memiliki hutang satu dinar atau satu dirham, maka hutang tersebut akan dilunasi dengan kebaikannya (di hari kiamat nanti) karena di sana (di akhirat) tidak ada lagi dinar dan dirham.” (HR. Ibnu Majah no. 2414. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shohih).

Nah Dari semua tips bayar hutang yang ada pada daftar, mungkin yang paling penting adalah # 1: NIAT dan FOKUS. Bahkan jika Anda bersedia untuk bekerja lembur dan melakukan apapun yang Anda bisa untuk mendapatkan uang tambahan di tangan Anda, tanpa niat yang benar untuk menempatkan ke arah hutang Anda, Anda mungkin akan hanya akan menghabiskan uang anda, ketimbang menempatkan untuk melunasi hutang anda.

SERIUSLAH! Maka Anda akan melunasi hutang Anda lebih cepat jika Anda benar-benar serius ingin melunasi hutang-hutang anda. [rzl]

1 comment: