Thursday 24 March 2016

(Keren Tapi Serem) Seperti inilah Jika Bulan diganti Oleh Planet Lain

Kepoisme - Jika selama ini kita hanya melihat bulan sebagai "satelit"nya bumi, Sekarang mari kita bayangkan bagaimana jika Bulan tersebut digantikan oleh planet yang berada di tata surya kita yang lain? Yuk kita simak ilustrasi yang di buat oleh Badan Antariksa Federal Rusia berikut ini:

VENUS


venus

MERKURIUS


merkurius

MARS


mars1

Radius bulan sekitar 1,738 km adalah sangat kerdil jika dibandingkan dengan planet lain dengan menempatkannya pada posisi bulan yang sekitar 384,000km dari Bumi. Mars, misalnya, ukurannya sekitar dua kali ukuran bulan, dengan radius 3,397 km.

JUPITER


jupiter

Ini menunjukkan betapa besar beberapa planet dengan Jupiter dan Saturnus tampak mengisi sebagian besar langit.

jupiter2

SELANJUTNYA DI HALAMAN 2 --->

[nextpage title="SATURNUS"]

SATURNUS


saturnus

Menariknya, beberapa bulan dari planet-planet tersebut juga akan berada di jalur tabrakan dengan Bumi. Dione, misalnya, yang mengorbit Saturnus pada jarak 377,000km, kemungkinan akan bertabrakan dengan bumi jika Saturnus berada di tempat bulan.

URANUS


uranus

Uranus adalah sekitar 25 kali lebih besar dengan radius 25,559 km, sementara Jupiter sangat jauh lebih besar dengan radius 71,490 km.

NEPTUNUS


neptunus

PLUTO


mars

Mungkin akan terlihat sangat keren, meskipun tidak mungkin terjadi, karena misalnya Jika Jupiter adalah planet di posisi bulan, kemungkinan Bumi bahkan tidak akan bertahan utuh, karena akan hancur dicabik-cabik oleh gravitasi Jupiter dan membentuk sebuah cincin di sekeliling raksasa gas tersebut.

Efek lain yang menarik adalah pengaruh gravitasi di bumi jika planet lain ditempatkan cukup dekat. Mereka bisa menanggalkan atmosfer kita dan menyebabkan gelombang besar dan gunung berapi.

Ya, inilah Kekuasaan Allah yang patut kita imani, dan menjadi sebuah bahan untuk kita bertafakur, betapa kecilnya kita di hadapan Allah SWT.

Simak firman Allah SWT dalam surah Al-Anbiya [21] ayat 33:
''Dan Dialah yang telah menciptakan malam dan siang, matahari dan bulan. Masing-masing dari keduanya itu beredar di dalam garis edarnya."

Tak terbayangkan bukan jika Allah tidak mengatur semua planet pada posisinya?

No comments:

Post a Comment