Saturday 16 January 2016

Bumi Akan Segera Punah?

kepoisme - Bumi dan semua makhluk hidup di bumi  akan memasuki masa kepunahan dan menghilang 100 kali lebih cepat dari tingkat yang seharusnya.  "Studi ini akan menunjukkan tanpa keraguan yang signifikan, kita sekarang ini memasuki peristiwa besar kepunahan massal keenam,” kata Paul Ehrlich, Profesor Studi Kependudukan dalam Biolog Amerika Serikat.


Dilansir Daily Mail, para peneliti Stanford Woods Institute mengungkapkan bahwa  semua spesies akan menghilang dengan cepat. Bahkan, masa habisnya mahkluk hidup dari semua spesies tersebut sekitar 100 kali lebih cepat daripada tingkat normal kepunahan massal yang terjadi sebelumnya.


Sejalan dengan ungkapan Paul, ketua penulis laporan Journal Science Advanced, Gerardo Ceballos, dari Universitas Autonoma de Mexico mengungkapkan, kejadian pemunahan massal tersebut akan membutuhkan waktu jutaan tahun untuk bisa kembali pulih. "Spesies manusia akan menghilang lebih awal,” jelas Gerardo.



Penelitian tersebut dilakukan melalui sebuah catatan fosil dengan jumlah kepunahan yang terjadi sebelumnya, yakni dengan menggunakan perkiraan kepunahan dua kali perhitungan dari analisa sebelumnya. Metode tersebut membuat perkiraan tingkat kepunahan saat ini dan latar belakang rata-rata jumlahnya.




Data mutakhir diambil dan difokuskan untuk kelompok vertebrata, pengukuran kepunahan dilakukan dengan perkiraan perbedaan antara latar belakang dan tingkat kepunahan kontemporer.  "Kami menekankan, perhitungan itu sangat mungkin menekankan tingkat keparahan krisis kepunahan, karena tujuan kami adalah untuk menempatkan realistis batas pada dampak manusia terhadap keanekaragaman hayati," tulis para peneliti tersebut. (RZL)

.

 

No comments:

Post a Comment