Thursday 18 February 2016

Aplikasi Baru Karya Anak Bangsa Untuk Memakmurkan Masjid di Indonesia

Kepoisme - Satu lagi karya anak bangsa dibidang teknologi informasi, yang cukup memberikan inspirasi untuk kaum muslim muda agar lebih mengenal masjid dan tetap kekinian.

Masjidku adalah suatu inisiatif untuk memakmurkanmasjid atau musholla melalui teknologi informasi dan komunikasi. Bentuknya adalahpenyediaan aplikasi gratis untuk masjid dan juga umat Muslim yang mampumenghubungkan antara masjid atau musholla dengan umat. Masjid atau musholla yangterdaftar juga bisa mendapatkan website gratis. Aplikasi dan website inibermanfaat sebagai :

Media informasi yakni mendorong penyebaraninformasi secara digital dan borderless dengan demikian dapat mengurangi biayaproduksi logistik kegiatan masjid seperti spanduk, poster dan lainnya yangbiaya pengadaannya tidak sedikit.

Media transparansi, dimana masjid & musholladapat meng-upload laporan keuangan, laporan kegiatan dan lainnya. Para jamaahakan tahu bagaimana kondisi keuangan masjid dan diharapkan akan terdorong untukberinfaq dan shodaqoh bagi masjid & musholla tersebut

Media pendanaan alternatif, Masjidku berharap nantinya dapat menjadi media untuk informasi kesempatan infaq danshodaqoh bagi umat untuk masjid atau musholla. Umat dapat langsung mentransfer kerekening yang tersedia.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fiturpenunjang ibadah seperti jadwal dan pengingat sholat, kompas kiblat, petamasjid dan lainnya.

 

Pentingnya Masjid atau Musholla Go-Digital

Perkembangan teknologi dan informasi semakincepat. Banyak organisasi yang ikut mendapatkan dampak dari hal tersebut. Sebagai negara dengan populasi penduduk muslim terbanyak di dunia, Indonesiamemiliki ratusan ribu masjid atau musholla.

Sudah kiranya jika perkembangan TIK inijuga berdampak pada pengelolaan masjid atau musholla  Tidak bisa dipungkiri bahwa untuk dapatmekamurkan masjid atau musholla, maka perlu dukungan dari berbagai pihak lintasumur. Kendala keterbatasan informasi tentang masjid atau musholla seringkalimembuat orang tidak mengetahui update dan juga kegiatan masjid atau mushollatersebut.

Go-digital adalah salah satu cara untukmemakmurkan masjid atau musholla. Dengan pemanfaatan TIK, maka keberadaan masjid atau musholla akan diketahui oleh lebih banyak orang. Dengan demikian maka adaketerbukaan informasi, transparansi dan pengelolaan managemen masjid atau musholla.Lebih jauh lagi, hal ini diharapkan mendorong umat untuk lebih punya rasamemiliki akan masjid atau musholla.

 

Tim Masjidku

Tim Masjidku terdiri dari berbagai orang denganberbagai latar belakang pendidikan dan pekerjaan. Kami mengembangkan Masjidkudengan semangat dan keikhlasan. Adapun tim inti Masjidku antara lain: Narenda Wicaksono, seorang entrepreneur yang merupakanlulusan Institut Teknologi Bandung. Adib Thoriq, seorang IT Developer yang merupakan lulusanUniversitas Brawijaya dan Institut Teknologi Bandung. Muchdlir Johar Zauhariy, seorang Konsultan lulusanUniversitas Indonesia. dan satu lagi Ahya Hasyim seorang merupakan Mahasiswa tingkat akhir UniversitasIslam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

 

Misi Bersama Memakmurkan Masjid & Musholla di Indonesia

Memamurkan masjid atau musholla dapat dilakukandengan berbagai cara. Sering beribadah jamaah di sana, ikut berinfaq danbershodaqoh serta cara lainnya. Kami menyadari bahwa kemakmuran tersebut akantidak lepas dari partisipasi aktif kita. caranya adalah dengan ikutmensosialisasikan keberadaan Masjidku kepada keluarga, saudara dan orang laindi lingkungan kita dengan demikian mereka juga akan menggunakan Masjidku.

 

Mendaftarkan Masjid/ musholla Secara Gratis

Kita juga bisa mendaftarkan masjid atau musholla dilingkungan Bapak berada. Masjidku akan membuatkan akun untuk masjid atau musholladimana masjid atau musholla bisa meng-update artikel Islami, kegiatan masjid, proses dan perkembangan pembangunan danpenggalangan dana dan lainnya.

Dan yang paling terpenting, Semua layanan Masjidku dapat digunakan gratisoleh siapapun.
Sumber : https://artikel.masjidku.id/articles-item.php?id=1858
Sumber Gambar : Masjidku.id

No comments:

Post a Comment