Wednesday 10 February 2016

Ini arti Kode angka daur ulang yang biasa tercetak dibawah botol

Kepoisme - Mungkin ada beberapa kepoers yang  tidak terlalu memperhatikan barang yang ada di sekitar rumah Anda ternyata memiliki tanda aneh di samping atau di bawah labelnya. Sebagian orang malah tidak terlalu memperdulikan tentang hal tersebut, Tetapi siapa sangka ternyata  jika anda mencuekin hal tersebut malah bisa menyebabkan masalah serius?!

Nah, kepoers pasti pernah melihat ada tanda, atau nomor yang tercetak dibagian bawah wadah berbahan plastik kan?, Mulai dari botol Air mineral, charger hp, dan semua barang yang bebahan dasar plastik.  Kali ini kepoisme akan mengupas fakta fakta kekinian yang akan menjawab misteri dibalik nomor yang tercetak pada barang berbahan plastik tersebut.

Lihatlah di bagian bawah botol plastik, Ada simbol panah daur ulang dengan angka di dalamnya. Jika kamu melihat angka 1, biasanya botol dengan kode tersebut adalah botol soda/minuman ringan/atau air mineral. Itu berarti Botol-botol ini aman untuk digunakan kembali, tetapi hati hati, botol dengan kode tersebut juga bisa menjadi tempat berkembang biak bakteri!







Botol dengan kode angka 3 biasanya dihargai sangat murah jika anda coba tawarkan ke tukang loak, karena plastik dari botol tersebut mengandung DHEA, alias bahan beracun. Penelitian pusat daur ulang sangat menyarankan untuk menghancurkan botol tersebut. botol dengan kode angka 3 biasa dipakai sebagai botol sabun, botol minyak goreng, dan kabel.



Kode angka 4 adalah plastik yang paling aman dan dapat digunakan kembali alias bisa di recycle sampai beberapa kali tanpa ada resiko pencemaran pada cairan atau kulit.plastic_number_4_weimpact-234x300




Kode angka 5 biasanya digunakan untuk wadah makanan dan obat-obatan seperti botol kecap dan sedotan. Plastik Ini benar-benar aman untuk digunakan kembali.







Kode angka 6  Umumnya ditemukan dalam wadah makanan kotak, bungkus CD, wadah telur, dan piring sekali pakai, Plastik dengan kode angka 6 ini tidak aman untuk digunakan kembali. Plastik tersebut akan menjadi lebih berbahaya jika dipanaskan.




Kode angka 7  Biasanya ditemukan pada botol air yang lebih besar (galon) dan  beberapa botol minum bayi (dot), plastik dengan kode angka 7 ini disarankan tidak boleh digunakan kembali. Karena mengandung BPA yang dapat menyebabkan infertilitas. 




 

No comments:

Post a Comment