Saturday 6 February 2016

tinggalkan kebiasaan mengobati luka bakar dengan odol!

kepoisme - Jika kita terkena  luka bakar ringan, entah karena tersentuh api, logam panas, atau lainnya, Dengan refleks dan tanpa pikir panjang, pasti kita akan cenderung mencari sesuatu yang dingin untuk meredam rasa panas akibat luka tersebut.

Tetapi, apakah kepoers tau bahwa tidak semua bahan yang kamu gunakan itu aman bagi kulit  yang terluka? Ternyata, selama ini kita telah salah kaprah dalam menggunakan bahan - bahan untuk memberikan pertolongan pertama terhadap luka bakar.

Nah apa saja beberapa bahan yang selama ini sering kamu gunakan tersebut, yang ternyata malah berbahaya untuk kulit?, dilansir dari thehealthsite.com, berikut ini merupakan deretan bahan yang sebaiknya kamu hindari saat mengalami luka bakar.

1. Es batu

Jangan pernah menggunakan es batu secara langsung untuk mengatasi luka bakar. Es batu dapat membatasi aliran darah ke kulit sehingga dapat merusak jaringan kulit. Akan lebih baik jika kamu menggunakan air dingin atau air keran yang mengalir.

2. Mentega

Terkadang orang juga memilih mentega untuk mengatasi luka bakar. Tetapi jangan gunakan mentega karena justru cara ini akan memberikan lahan basah bagi tumbuhnya bakteri. Cara ini akan memudahkan kamu terkena infeksi.

3. Pasta gigi

Cara ini bahkan menjadi cara yang cukup populer untuk mengatasi luka bakar. Cara ini memang memberikan sensasi dingin bagi kulit yang terbakar. Hanya saja, pasta gigi akan memperburuk kondisi luka bakar. Pasta gigi mengandung bahan kimia seperti kalsium yang tak hanya merusak kulit, tetapi dapat menyebabkan infeksi.

4. Hidrogen peroksida

Sebuah antiseptik hidrogen peroksida adalah salah satu cara yang cukup umum dilakukan untuk mengatasi luka bakar. Tetapi, hidrogen peroksida tak hanya korosif bagi alam tetapi juga alergen umum yang dapat menyebabkan peradangan dan nyeri.

5. Lemon

Beberapa orang juga menggunakan lemon sebagai obat untuk menenangkan rasa panas karena luka bakar. Tetapi menggunakan lemon secara langsung pada kulit dapat memperburuk luka. Tak hanya itu, lemon juga dapat menyebabkan luka bakar mengalami iritasi.

Well, kepoers tidak menyangka, bukan? ternyata selama ini meskipun terlihat ampuh ternyata bahan-bahan tersebut justru akan memperparah luka bakar kamu. Jadi, biar kekinian sebaiknya barang atau bahan tersebut jangan di pakai lagi untuk luka bakar.[rzl]

No comments:

Post a Comment