Monday 15 February 2016

Mengenal Ainul Mardhiah, pemimpin para bidadari Syurga

Kepoisme - Kita sebagai umat muslim, wajib untuk mengimani segala kreasi dan ciptaan Allah SWT, termasuk salahsatu ciptaan Allah SWT yang menjadi favorit kita semua adalah bidadari. (ga usah ngiler)

Yap, Bidadari adalah merupakan salahsatu anugerah Allah untuk laki laki yang memasuki syurga. Bidadari yang disediakan Allah untuk hambanya sangatlah banyak, dan mempunyai spek yang berbeda - beda pula, dan kali ini kepoisme akan mengajak kepoers semua untuk berkenalan dengan bidadari super cantik yang bernama Ainul Mardhiah, hmm siapakah sebenarnya Ainul Mardhiah?

 

 

Ainul Mardhiah (yang memiliki arti mata yang di ridhoi) merupakan seorang bidadari yang paling cantik dalam kalangan bidadari-bidadari yang lain . Hal tersebut ditegaskan oleh salahsatu cerita dari zaman Rosulullah SAW.

Suatu pagi (pada bulan ramadhan) ketika nabi memberi targhib (berita-berita semangat di kalangan sahabat untuk berjihad/berdakwah untuk agama Allah) Rosul menyampaikan "siapa-siapa yang keluar di jalan Allah tiba-tiba ia syahid, maka dia akan dianugerahkan seorang bidadari yang paling cantik dalam kalangan bidadari-bidadari syurga".

Mendengar berita tersebut,  seorang sahabat yang usianya tergolong masih muda sangat penasaran bagaimana cantiknya bidadari tersebut, tetapi sang sahabat ini segan untuk menanyakan hal tersebut kepada Rosul, kerana malu oleh sahabat-sahabat yang lain. Namun dia tetap optimis menjadi  salah seorang yang akan syahid di jalan Allah, dan optimis Ia akan bertemu dengan bidadari pujaanya tersebut.

Sebelum Zuhur,  (biasanya Rosul dan para sahabatnya melakukan tidur sebentar sebelum pergi berperang, atau disebut juga khailulah), maka sahabat muda tadi juga turut bersama jemaah lainnya untuk Khauliah bersama sama.

Tiba-tiba dalam tidurnya  sahabat tersebut  bermimpi berada di satu tempat yang sungguh indah, dia bertemu dengan seorang yang berpakaian yang bersih lagi cantik dengan wajah yang berseri seri, lalu bertanyalah sahabat ini, "di manakah aku berada?, lalu ada suara yang menjawab, inilah syurga. Spontan, sahabat tersebut menyatakan hasrat untuk berjumpa dengan ‘Ainul Mardhiah.

Lalu ditunjuknya  suatu arah dan berjalanlah sahabat ini, disebuah pepohonan Ia mendapati ada seorang wanita yang kecantikanya belum pernah Ia jumpai sebelumnya didunia ini, dan sahabat ini pun bertanya, "Apakah anda ini Ainul Mardhiah?, Wanita itu menjawab oh bukan, saya penjaganya. Ainul Mardhiah ada di dalam singgasana di sana".

Lalu Sang sahabat berjalan dan memasuki satu mahligai yang cukup indah dan mendapati ada seorang lagi wanita yang kecantikannya berlipat ganda daripada yang pertama tadi di lihatnya, Wanita tersebut terlihat sedang membersihkan permata-permata perhiasan di dalam mahligai tersebut, lalu sang sahabat memberikan salam, dan kembali bertanya "Apakah anda ini Ainul Mardiah?" lalu wanita itu menjawab "eh tidak, saya hanya penjagaya di dalam mahligai ini, Ainul Mardiah ada di atas mahligai di atas sana".

Pantang menyerah, sang sahabat ini pun kembali berjalan menuju mahligai yang ditunjukkan, lalu dinaikinya anak-anak tangga mahligai permata yang sangat indah itu, lalu sampailah sang sahabat ini ke satu mahligai dan mendapati seorang wanita yang beratus ratus kali lebih cantik dari yang pertama, dan berganda-ganda catiknya dari yang kedua yang Ia jumpa tadi, tidak ada satupun wanita didunia yang memiliki kecantikan seperti itu, pokoknya super duper mega wow cantiknya!! Lalu wanita itu berkata "Akulah Ainul Mardhiah, aku diciptakan untuk kamu dan kamu diciptakan untuk aku" Kata - kata tersebut membuat hati sahabat tersebut luluh. dan Ia pun mencoba berjalan mendekati Wanita tersebut, Namun belum sampai langkah menuju wanita tersebut, wanita itu berkata "Jangan sekarang, karena saat ini  kamu belum syahid".

Tiba tiba Sahabat muda tersebut tersentak dan terbangun dari tidurnya, lalu diceritakanlah perjalanan mimpinya tersebut kepada sahabat lain, namun Sahabat muda tersebut berpesan untuk tidak menceritakan kembali cerita tersebut kepada Rasulullah SAW,

Sore hari, Sang sahabat muda itu bersama-sama dengan jemaah lain pergi berperang, dibawah komando Nabi Muhammad SAW. dan ternyata Sahabat tersebut ditakdirkan gugur dalam perang tersebut.

Setelah perang usai, salah seorang teman dari pemuda yang gugur itu menceritakan mimpi temannya tersebut kepada Rosul SAW,  dan beliau menjawab : “Benar..., benar..., Sepanjang cerita tersebut adalah benar”.

Nah itulah sekilah cerita tentang Bidadari yang bernama Ainul Mardhiah. Kepoers ingin berjumpa dengannya?

Pustaka:

Ainul Mardhiah (bidadari untuk orang yang berjihad/berdakwah untuk agama Allah S.W.T.)

“Seakan-akan bidadari itu permata yakut dan marjan.”
QS. ar-Rahman (55) : 58

“Di dalam surga-surga itu ada bidadari-bidadari yang baik-baik lagi cantik-cantik.”
QS. ar-Rahman (55) : 70

“(Bidadari-bidadari) yang jelita, putih bersih dipingit dalam rumah.”
QS. ar-Rahman (55) : 72

“Mereka tidak pernah disentuh oleh manusia sebelum mereka (penghuni-penghuni surga yang menjadi suami mereka) dan tidak pula oleh jin.”
QS. ar-Rahman (55) : 74

 

 
(Sumber: Irsyadul ‘Ibad Ila Sabilir Rosyad lisy Syaikh Zainuddin bin Abdul Azizi bin Zainuddin al-Malibari. Terjemah: H. Salim Bahreisy ).

No comments:

Post a Comment