Friday 19 February 2016

Cara membedakan Micro SD Asli Dengan yang Palsu

Kepoisme - Pada zaman sekarang, Micro SD sudah menjadi sebuah perangkat penting, karena hampir semua perangkat smartphone sangat membutuhkan kehadiran Micro SD tersebut. Tanpa Micro SD, kapasitas menyimpan di smartphone akan terasa kurang maksimal. Oleh karena itu, dibutuhkan Micro SD agar dapat menyimpan berbagai file lebih banyak.

Para konsumen pun seakan tidak menyadari bahwa sebenarnya  Micro SD yang beredar di pasaran tak semuanya asli. Banyak oknum penjual yang tega menjual Micro SD palsu dan menipu para konsumen. Untuk itu, kepoers harus  tau ciri-ciri Micro SD yang asli dengan yang palsu, biar ga ketipu.

Berikut ini kami akan jelaskan perbedaan micro SD asli dan palsu


 

#1 Tulisan di Merek dan Kapasitas Buram




Ciri fisik yang mudah diketahui adalah tulisan merek dan kapasitas yang ada di Micro SD. Micro SD yang asli memiliki tulisan merek dan kapasitas yang tebal dan jelas, sedangkan yang palsu tulisannya buram.

Bahayanya jika membeli yang palsu, kapasitas yang tertulis tak sesuai. Misalnya tertulis 64GB, tapi sebenarnya hanya 8GB dan setelah 8GB data lama yang kamu simpan akan terhapus dan diganti data baru secara otomatis, atau overwrite.

#2 Tidak ada Keterangan Kapasitas di Kemasan/Hologram Palsu




Perhatikan kemasan sebelum membuka, jika pada kemasan terdapat tulisan kapasitas, jenis, dan classnya, maka Micro SD itu asli. Yang palsu tidak memperlihatkan kapasitas, jenis, dan classnya.

Selanjutnya di halaman 2--->

[nextpage title="next"]

#3 Kapasitas Besar, Harga Murah




Memang yang murah tapi kapasitas besar perlu diwaspadai. Jika kamu membeli Micro SD dengan kapasitas 16GB atau lebih dan harganya dibawah Rp 100 ribu, perlu diwaspadai. Karena Micro SD dengan kapasitas 16GB atau lebih harganya diatas Rp 150 ribu.

#4 File Suka Tiba tiba Rusak dan tidak bisa Dibuka




Ini yang paling berbahaya. Jika kamu membeli Micro SD berkapasitas 64GB, cobalah dulu memindahkan file yang kapasitasnya 64GB. Kemudian, coba satu per satu file itu dibuka. Jika bisa dibuka, maka Micro SD tersebut asli dan jika tidak bisa maka itu palsu. Tentunya file yang kamu pindahkan ini hanya file percobaan ya untuk membuktikan asli atau tidaknya.

#5 Warna Sisi Samping Micro SD




Micro SD yang asli memiliki warna putih di bagian sampingnya, sedangkan yang palsu tidak berwarna.

Nah kepoers, itulah tips ringan membedakan Micro SD asli dan yang palsu. Jadi, jangan terkecoh lagi ketika membeli Micro SD. Jangan ambil resiko karena murah, tetapi data data pentingmu kabur.[rzl]

sumber

No comments:

Post a Comment